Ketua Umum Bunda Milenial, Sisca Rumondor

Peringatan Hari Berkebaya Nasional Pertama pada 24 Juli, Bunda Milenial Ajak Masyarakat untuk Hadir

KOPERZONE - Bunda Milenial sebagai komunitas berkebaya bersama dengan komunitas Angklung Anvaya dan komunitas Angklung PABM Depok memberikan satu tampilan di acara 'Discover Indonesia's Spice Route di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Juli 2024. 

Ketua Umum Bunda Milenial, Sisca Rumondor menjelaskan Hotel Borobudur memanggil pihaknya untuk menunjukkan penampilan berkebaya karena kesamaan visi yaitu mencintai budaya. 

"Karena Hotel Borobudur itu juga mencintai budaya, untuk itulah kami memang dipanggil oleh pihak Hotel Borobudur untuk juga menyajikan budaya," ujar Sisca kepada wartawan, di depan Lobi Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2024).

Pada 24 Juli 2024 di Istora Senayan Jakarta, lanjut Sisca akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sebagai 'Hari Kebaya Nasional'. Untuk itulah katanya, Bunda Milenial terus mensosialisasikan acara puncak tersebut. 

"Untuk itulah kami dan komunitas-komunitas berkebaya dimana pun termasuk yang berada di Hotel Borobudur mensosialisasikan dan juga menginformasikan kepada masyarakat untuk mendukung hari kebaya nasional pada 24 Juli nanti. Karena akan hadir sekitar 7.000 perempuan dari seluruh Indonesia yang akan dibuka oleh pak Jokowi dan ibu negara, Iriana Jokowi," jelasnya. 

Kata Sisca persiapan peresmian hari kebaya nasional sudah disosialisasikan sejak bulan Mei 2024. Untuk persiapan awal mengenai hari kebaya nasional akan dimulai pada 14 Juli 2024 pada acara Car Free Day. 

"Sekitar lebih dari 2.000 perempuan berpartisipasi dalam acara tersebut, kita akan berjalan sehat dan melakukan pentas seni dari Jalan Iman Bonjol berjalan ke Bundaran HI. Rencananya jalan sehat akan dibuka oleh Mas Gibran dan Mba Selvi pada 14 Juli. Kemudian, dilanjutkan pada 21 Juli yang diselenggarakan oleh Tim Nasional Hari Kebaya, karena berdekatan dengan hari anak-anak, yaitu pada 23 Juli jadi ada Bu Bintang dari Kementerian KPPA," terang Sisca. 

"Nanti yang akan berjalan dan mengikuti kegiatan juga ada anak-anak yang nanti mereka juga mengenakan kebaya, itu dari patung api sampai ke FX Sudirman, dari sanalah akan ada kegiatan-kegiatan," imbuhnya. 

Sisca mengakui dirinya sangat penuh semangat mengikuti rangkaian tersebut, sebab dia 24 Juli adalah yang perdana dalam peringatan Hari Kebaya Nasional. Dan, itu menurutnya mengulang kesuksesan pada tahun 1964 yang pertama kali dilakukan presiden pertama Soekarno. 

"Keberhasilan dimulai pada tahun 1964, jadi 60 tahun yang lalu juga ada kongres perempuan. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai budaya, mencintai kebaya karena kami perempuan yang mengenakan kebaya adalah orang yang berdaya, berkarya dan berbudaya," pungkas Sisca. ***


Comment As:

Comment (0)