Cegah Perburuan Liar Satwa, PLN Nusantara Power Pasang Plang Larangan

BEKASI KOPERZONE- PT.PLN Nusantara Power Unit Pembangkit (NP-UP) Muara Tawar memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah upaya perburuan liar satwa serta penebangan pohon, dengan cara memasang plang larangan.

Sementara, Senior Manager PLN NP-UP Muara Tawar mengatakan, kampung Pondok Dua merupakan kampung yang terletak di Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, yang terletak di pesisir utara, berbatasan dengan Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Sebagian wilayah ini berupa lahan tambak, yang dilewati sungai menuju laut di mana di sepanjang sungai tersebut memiliki ekosistem mangrove yang terjaga dengan baik. 

"Masyarakat dengan matapencaharian nelayan, memanfaatkan sungai tersebut sebagai akses transportasi menuju laut. Kondisi hutan mangrove yang cukup terjaga di sepanjang sungai ini, menjadikannya sebagai tempat yang baik bagi satwa liar terutama burung-burung untuk singgah dan berkembang biak, "ujarnya, Jumat (26/4/2024).

Namun, seringkali kondisi tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat dari luar wilayah untuk melakukan perburuan liar satwa. PLN Nusantara Power UP Muara Tawar melalui Program PLN Peduli, bersama dengan Pemerintah Desa setempat serta Bumdes Berkah Sejahtera, dan masyarakat bekerjasama untuk menjaga keanekaragaman hayati yang ada di Kampung Pondok Dua. 

"Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah upaya perburuan liar satwa serta penebangan pohon, "jelasnya.

PLN NP UP Muara Tawar telah melakukan pemetaan keanekaragaman satwa di wilayah tersebut bersama masyarakat, serta memasang rambu-rambu dan papan himbauan untuk tidak melakukan perburuan satwa. 

"Dengan adanya kesadaran masyarakat serta kerjasama antar pihak di wilayah tersebut, perburuan liar berkurang sehingga wilayah mangrove tersebut dapat menjadi tempat bagi satwa untuk singgah, "katanya.

Kegiatan ini juga dilakukan sebagai langkah untuk mengembangkan potensi wisata alam yang ada di Kampung Pondok Dua.

"Sehingga dapat meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat sekitar, "ungkapnya.


Comment As:

Comment (0)