Gedung Baru Kantor Imigrasi Bogor Semewah Hotel

0
10

Bogor, Koperzone.com—Gedung baru Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor kini lebih ciamik. Kantor Imigrasi yang beralamat lengkap di Jalan Ahmad Yani No. 19, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, ini menyuguhkan beragam fasilitas representatif dan ornamen mewah mewah bak masuk ke dalam hotel atau bandara.

Dibangun di atas lahan seluas 14.042 meter persegi, Kantor Imigrasi Bogor menyediakan fasilitas antara lain area parkir umum bagi pemohon/pengunjung yang luas, area parkir khusus bagi disabilitas dan tersedia juga kursi roda, alat bantu bagi disabilitas, jalur landai bagi disabilitas, dan jalur pedestrian bagi tunanetra.

Tersedia pula fasilitas khusus untuk pengambilan paspor secara drive thru. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi yang bertujuan untuk memudahkan pemohon melakukan pengambilan paspor tanpa harus turun maupun keluar dari kendaraannya, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

Terdapat 14 booth yang digunakan untuk pelayanan paspor, ada pula lobby berbasis teknologi informatika dengan model self check-in, customer care, ruang informasi dan pengaduan, ruang pelayanan HAM, ruang khusus pelayanan balita, area bermain anak, ruang menyusui, ruang tunggu yang nyaman dan ruang pengambilan paspor manual.

Sedangkan di lantai dua digunakan sebagai ruang pelayanan asing, sekretariat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), mushalla, dan ruang rapat. Gedung Imigrasi Bogor ini juga dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas, baik outdoor maupun basement.

Gedung Imigrasi Bogor yang baru ini diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bambang Rantam Sariwanto didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya, Rabu (2/12/2020).

Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam berharap Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor ini bisa memberikan pelayanan terbaik yang menjadi kebutuhan masyarakat khususnya bagi warga Kota dan Kabupaten Bogor.

“Semoga bangunan yang baik ini dibarengi dengan mindset pegawai/ASN yang baik pula. Kedepankan keramahtamahan sehingga bisa memenuhi apa yang menjadi ekspektasi dari masyarakat Kota Bogor menuju Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Bebas Bersih dan Melayani (WBBM). Semoga bisa memuaskan masyarakat,” tegas Bambang.

Bima Arya saat diajak berkeliling melihat fasilitas yang disuguhkan juga berdecak kagum dengan fasilitas layanan lengkap serta mewah Kantor Imigrasi Bogor ini. “Bulan Juli 2019 lalu kita ada di sini bersama Pak Menteri (Menkumham Yasonna Laoly) untuk memulai pembangunan gedung ini yang waktu itu kita lihat rasanya tidak mungkin. Karena harus dibangun dalam waktu singkat. Tapi kemudian sesuai target, sesuai rencana, bangunan itu selesai dan hari ini kita bersama-sama meresmikannya,” ungkap Bima Arya.

Menurut Bima, gedung baru Imigrasi Bogor ini terealisasi berkat kerjasama semua pihak. “Tentu kebersamaaan Forkopimda dan semua pihak membuat semua ini berjalan dengan baik. Kalau kita bersama-sama, tidak ada yang tidak mungkin,” ujar Bima.

“Kota Bogor memang sudah lama sekali menambahkan kantor imigrasi yang modern dan representatif. Saya lahir di Bogor, dari SD sering berurusan dengan kantor Imigrasi yang dulu. Lama-lama makin sesak. Kantor yang sekarang, ini luar biasa,” tambahnya.(R1-Cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here