Publikasi Kinerja Kecamatan Sukajaya Tahun 2020

0
19

SELAYANG PANDANG
Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, adalah salah satu kecamatan yang berada di sebelah barat Kabupaten Bogor. Kecamatan Sukajaya memiliki luas wilayah 15.615,49 hektar dengan batas administratif:
• Sebelah Utara : Kecamatan Jasinga
• Sebelah Barat : Kabupaten Lebak, Provinsi Banten
• Sebelah Selatan : Kecamatan Nanggung
• Sebelah Timur : Kecamatan Leuwisadeng
Kecamatan Sukajaya terdiri dari 11 desa:
1. Cileuksa
2. Cisarua
3. Harkatjaya
4. Kiarapandak
5. Kiarasari
6. Pasir Madang
7. Sipayung
8. Sukajaya
9. Sukamulih
10. Jaya Raharja
11. Urug

KEGIATAN PENANGANAN BANJIR BANDANG DAN LONGSOR
Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor merupakan salahsatu kecamatan yang rawan terjadi bencana alam seperti longsor, banjir bandang, dan pergerakan tanah, karena merupakan daerah pegunungan dan berbukit. Pada Januari 2020, beberapa desa di Kecamatan Sukajaya mengalami bencana alam banjir bandang dan longsor.
Kegiatan yang dilakukan aparatur pemerintahan Kecamatan Sukajaya dalam melakukan penanganan bencana alam tersebut di antaranya:
1. Berupaya memenuhi kebutuhan sandang dan pangan masyarakat yang terdampak dengan bantuan tanggap darurat
2. Memenuhi kebutuhan papan masyarakat dengan pengajuan Huntara (Hunian Sementara) dan Huntap (Hunian Tetap). Progress pemenuhan kebutuhan papan masyarakat ini baru pada tahap Huntara yang ada di setiap desa dengan sumber pembiayaan dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Sedangkan Huntap masih dalam proses land clearing.
3. Melakukan pengajuan perbaikan infrastruktur, baik infrastruktur jalan, komunikasi, maupun infrastruktur kelistrikan dan pengairan.
4. Terus melakukan koordinasi, baik dengan lembaga horizontal maupun vertikal, dan progress penanganan pemulihan telah terealisasi kurang lebih 80 persen.

KEGIATAN PENANGANAN COVID-19
1. Sosialisasi
a. Melakukan sosialisasi di setiap lini dan melalui berbagai media yang ada di desa untuk mematuhi protokol kesehatan.
b. Meningkatkan asupan gizi masyarakat karena virus tidak akan hidup jika masyarakat punya imun tubuh yang kuat.
2. Pencegahan
a. Melakukan penyemprotan disinfektan
b. Membagi-bagikan masker
c. Membagikan disinfektan
d. Mendistribusikan alat semprot
3. Melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap penduduk domestik maupun para pendatang dan penduduk yang keluar masuk Kecamatan Sukajaya
a. Pihak kecamatan terus berkoordinasi, baik dengan setiap Pemerintah Desa maupun dengan pihak UPT Puskesmas, Rumah Sakit, dan Dinas Kesehatan. Sampai dengan saat ini belum ditemukan kasus reaktif Covid-19 di Kecamatan Sukajaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here