Melalui DSC XI, Wirausahawan Bersiap Raih Hibah Modal Usaha Rp2 M

0
7

Jakarta, Koperzone.com–Gelaran program dan kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge XI (DSC XI) segera merampungkan tahapan roadshow yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat wirausaha, sekaligus menjaring potensi anak bangsa dalam melahirkan terobosan bisnis yang bermanfaat untuk Indonesia.

Sebagai salah satu program dan kompetisi wirausaha terbesar yang telah berlangsung lebih dari satu dekade penyelenggaraannya, tahapan roadshow DSC XI di tahun 2020 ini berjalan hampir 80% secara virtual untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19 dan pembatasan sosial yang berlaku.

Setelah tahapan roadshow selesai, para peserta akan melewati tahap seleksi hingga menjadi finalis yang berkesempatan mendapatkan hibah modal usaha senilai total 2 miliar rupiah. Selain itu, para finalis juga berkesempatan mendapatkan pendampingan bisnis dari para mentor, serta bergabung dengan jaringan wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

“Tahapan roadshow memang selalu kami gelar sebagai langkah aktif sosialisasi DSC XI. Tidak sekadar jemput bola menjaring peserta dari berbagai daerah, tapi juga memberikan edukasi untuk memperkuat kultur kewirausahaan di Indonesia. Namun, format roadshow yang hampir seluruhnya virtual ini baru pertama kalinya juga kami lakukan, sehingga bisa dibilang penyesuaian pada tahapan ini cukup menantang. Kabar baiknya, dengan berjalan secara virtual, ternyata DSC XI dapat menjangkau lebih banyak daerah dalam durasi yang hanya dua bulan. Tercatat kami akan merampungkan roadshow di 30 kota bersama 20 local partner, 23 incubator dan 46 kampus,” tutur Program Initiator DSC XI, Edric Chandra.

Tahapan roadshow yang telah berlangsung sejak peluncuran DSC XI pada Agustus 2020 ini mendapat antusiasme tinggi dari para calon peserta dan akan dilaksanakan hingga 19 Oktober 2020 nanti. Materi-materi dengan tema seputar literasi dan pengembangan wirausaha yang disajikan melalui format livestreaming dan webinar juga mendapatkan atensi yang luar biasa dari masyarakat.

Hingga saat ini, total yang telah mengirimkan ide bisnisnya untuk mengikuti DSC XI telah mencapai 6.045 proposal, dan jumlah ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan hingga batas akhir pendaftaran di tanggal 19 Oktober 2020 nanti.

Dalam tahap roadshow ini, DSC XI bekerja sama dengan 20 local partner, 23 incubator dan 46 kampus di 30 kota, antara lain; Batam, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Depok, Bandung, Semarang, Blitar, Tulungagung, Jepara, Salatiga, Kediri, Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Yogyakarta, Solo, Ngawi, Surabaya, Malang, Denpasar, Pontianak, Manado, Banjarmasin, Makassar, Samarinda. Kerja sama ini diharapkan mendukung sosialisasi mengenai kompetisi dan program DSC XI secara keseluruhan.

Inkubator yang terlibat merupakan jaringan coworking space dari asosiasi Coworking Indonesia (CID) yang memiliki visi membentuk komunitas dan mendukung pelaku usaha agar mampu mengembangkan bisnis, membangun jejaring serta berkolaborasi secara kreatif antar para wirausahawan. Visi yang sinergis dengan tujuan Diplomat Success Challenge untuk mewujudkan ekosistem wirausaha di Indonesia.

Coworking Space yang terlibat antara lain adalah Satu Atap di Surabaya, Hetero Space di Semarang, Kembali Innovation Hub di Denpasar, MeetUp di Pekanbaru, dan Block71 di Bandung. Lewat kolaborasi ini, telah dilaksanakan sesi bincang edukatif untuk meningkatkan jangkauan dan sosialiasi DSC XI. Sesi bincang ini menghadirkan para mentor nasional bersama dengan tokoh wirausahawan inspiratif yang di antaranya merupakan alumni DSC atau yang tergabung dalam Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

Dalam kondisi pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas masyarakat di luar ruang, efektivitas roadshow secara virtual merupakan cara yang paling optimal untuk menjaring atensi serta merangsang ide bisnis dari audiens.

Tidak kurang dari 44 YouTube Livestreaming, 7 Instagram Live, dan 5 Podcast, digelar dalam tahapan roadshow DSC XI ini, baik melalui akun Diplomat Success Challenge hingga melalui akun media sosial rekan inkubator. Total audiens dalam aktivasi daring ini mencapai sekitar 15.000 orang.

Selain berkolaborasi dengan kampus dan inkubator, DSC XI juga berkolaborasi dengan MarkPlus Institute untuk menggelar sesi seminar virtual (webinar) dengan menghadirkan pembicara dari kalangan pendiri / CEO Startup terkemuka di Indonesia. Seri webinar ini membahas seluk beluk merintis dan membangun bisnis, mulai dari membuat model bisnis, mendapatkan mentor yang sesuai, memasarkan produk atau bisnis, hingga strategi mendapatkan permodalan dari investor.

Founder / CEO startup yang terlibat antara lain Agung Bezharie – Co-founder & CEO Warung Pintar, David Soong – Founder SweetEscape, Kevin Osmond – Founder Printerous, Gibran Huzaifah – CEO eFishery, Wafa Taftazani – Co-founder Modal Rakyat, Billy Kurniawan – Founder Jiwa Group, dan masih banyak lainnya.

Selain berkolaborasi dengan MarkPlus Institute, webinar juga digelar melalui 20 inkubator di 20 kota yang menghadirkan para local heroes atau para wirausahawan yang sukses merintis bisnis dan memberdayakan komunitas di daerahnya masing-masing. Pengetahuan berharga mengenai pengembangan wirausaha dari sejumlah pembicara pun dibagikan di sini. Adapun beberapa pembicara yang terlibat antara lain, Farid Suryanto – pendiri Ruang Ekspresi / CEO Sunhouse Digital (Yogyakarta), Refki Riyantori – Healthpreneur (Padang), Fifi Fitria – pendiri Pempek Sultan (Palembang), Graciella Eunike – pemilik Gescolle Shop & GE I-Class (Bali), Rizky Kurniadi – pendiri & CEO Starsbox Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan seputar wirausaha, para pembicara yang terlibat juga membagikan pengalamannya bertahan dalam kondisi pandemi COVID-19 yang dapat membangkitkan motivasi serta menjadi inspirasi bagi para wirausahawan untuk jangan takut berbisnis atau memulai bisnis.

Total peserta webinar yang diselenggarakan sepanjang tahap roadshow ini mencapai sekitar 6.000 orang.

Pendaftaran
Pendaftaran DSC XI masih terbuka lebar bagi para wirausahawan, baik yang baru memiliki ide bisnis yang masih berupa konsep, ataupun bagi bisnis yang sudah berjalan. Pendaftaran program DSC XI pada tahun 2020 ini telah dimulai sejak 19 Agustus 2020 dan batas pendaftaran ide bisnis akan berakhir di tanggal 19 Oktober 2020.

Para calon peserta dapat langsung mendaftar di situs diplomatsukses.com, registrasi dan login untuk menjadi user, dan selanjutnya bisa langsung mendaftarkan ide bisnis dengan mudah lewat format proposal yang telah disediakan.
Setelah tahapan roadshow, gelaran DSC XI akan berlanjut ke tahap 1000 Terbaik di mana 1000 proposal yang terpilih akan melakukan presentasi singkat mengenai ide bisnisnya melalui vlog pitch. Dilanjutkan dengan proses Audisi Nasional di mana 150 proposal terbaik dari sesi vlog picth akan kembali diseleksi. Dari 150 proposal tersebut, akan terpilih 25 finalis yang akan mengikuti tahapan inkubasi dan mengikuti market challenge selama 10 hari. Terakhir tahapan presentasi final dengan melakukan pitching proposal bisnis di depan para dewan komisioner untuk memenangkan total hibah modal usaha Rp 2 miliar. Nantikan update DSC XI melalui media sosial:, @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, Twitter @diplomat_sukses; serta situs diplomatsukses.com. (R1-Cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here