Karang Taruna Caringin dan Pemdes Tangkil Bantu Korban Longsor

0
63

Bogor, Koperzone.com–Di antara bencana alam besar yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, sejumlah titik bencana alam skala kecil nyaris terlupakan. Salah satunya longsor yang menggerus rumah milik Ibu Nyai, warga Kampung Ciburial RT 02/06 Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Kondisi longsor tebing yang menggerus teras rumah milik Ibu Nyai ini cukup menguatirkan. Teras rumah mulai hancur dan tiang rumah menggantung. Apabila tak cepat ditangani kuatir ambruk dan mengancam korban jiwa sebab di bawah tebing longsor juga terdapat jalur jalan lingkungan yang dilintasi warga.

Beruntung aksi kepedulian mulai berdatangan di antaranya dari organisasi sosial kepemudaan yaitu Karang Taruna Kecamatan Caringin dan FKPPI. Bekerjasama dengan Pemerintah Desa Tangkil, mereka berkomitmen memberikan bantuan untuk meringankan keluarga korban.

“Kepala Desa Tangkil H. Acep Awaludin menyatakan siap merelokasi rumah Ibu Nyai ke tempat yang lebih aman. Sebab kalau melihat kondisinya kuatir jika diperbaiki dengan turap saja, tebingnya sangat curam. Sekarang masih dalam proses, mudah-mudahan bisa segera terwujud,” kata Ketua Karang Taruna Desa Tangkil, Dedi Rahayu Kelana, Sabtu (30/1/2021).

Pada saat yang sama, di lokasi longsor Ketua Karang Taruna Kecamatan Caringin, Abdul Jalil dan Hanafiah, didampingi Sekjen Kosasih serta para pengurus Karang Taruna Caringin juga menyerahkan bantuan untuk meringankan beban keluarga Ibu Nyai.

“Keluarga Ibu Nyai ini sangat butuh bantuan karena tergolong keluarga miskin. Jangankan untuk memperbaiki tebing rumahnya yang longsor, untuk biaya hidup sehari-harinya saja sulit. Ibu Nyai seorang janda yang tak punya penghasilan tetap. Ia tinggal di rumah yang kurang layak huni sampai 10 orang. Mudah-mudahan ada perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Bogor,” ujarnya.(R1-Cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here